Cara Membuat Database Menggunakan CMD

Post a Comment
cara membuat database di cmd


Cara Membuat Database MySQL di CMD - Halo Siswa dan Mahasiswa, kali ini admin akan berbagi ilmu Cara Membuat Database MySQL di CMD nih, seblum admin mulai ke cara-nya, kalian perlu tahu dulu nih apa itu MySQL dan CMD.

MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL(bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multialur, multipengguna, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis di bawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual di bawah lisensi komersial untuk kasus-kasus di mana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.
Command Prompt (cmd.exe) adalah baris perintah penerjemah (baris perintah yang dieksekusi ke sistem operasi yang disediakan oleh Microsoft pada: OS/2. Windows CE, dan. keluarga sistem operasi Windows NT (termasuk Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Windows Server 2003 dan Windows Server 2008).

source: https://wikipedia.org/

Sebelum membuat database mysql di CMD ada satu software(aplikasi) tambahan yaitu XAMPP.

  1. Pertama jalankan dulu XAMPP nya kalau belum punya, download disini.
  2. Start atau aktifkan Apache dan MySQL

Setelah kita menjalankan XAMPP langkah selanjutnya adalah:

  1. Buka Command Prompt(CMD) dengan Win+R dan ketikan CMD.
  2. Ketikkan Perintah

    cd\

    cd\ xampp\mysql\bin

    mysql -u root

Setelah berhasil saatnya kita membuat database dengan menggunakan perintah CREATE DATABASE NAMADATABASE;

Setelah berhasil melakukan perintah membuat database setalah itu kita akan mengecek apakah database yang kita buat tadi sudah berhasil kita buat, dengan perintah SHOW DATABASES;

Related Posts

Post a Comment