Optimisasi mesin pencari (SEO)
adalah praktik meningkatkan kuantitas dan kualitas lalu lintas ke situs web Anda
melalui hasil mesin pencari organik.
Semua mesin pencari utama seperti
Google, Bing dan Yahoo memiliki hasil pencarian utama, di mana halaman web dan
konten lainnya seperti video atau daftar lokal ditampilkan dan diberi peringkat
berdasarkan apa yang dianggap mesin pencari paling relevan bagi pengguna.
Berikut cara kerjanya: Google
(atau mesin telusur apa pun yang Anda gunakan) memiliki perayap yang
mengeluarkan dan mengumpulkan informasi tentang semua konten yang dapat mereka
temukan di Internet. Perayap membawa semua 1 dan 0 itu kembali ke mesin pencari
untuk membuat indeks. Indeks tersebut kemudian dimasukkan melalui algoritme
yang mencoba mencocokkan semua data tersebut dengan kueri Anda.
Berikut cara kerjanya: Google
(atau mesin telusur apa pun yang Anda gunakan) memiliki perayap yang
mengeluarkan dan mengumpulkan informasi tentang semua konten yang dapat mereka
temukan di Internet. Perayap membawa semua 1 dan 0 itu kembali ke mesin pencari
untuk membuat indeks. Indeks tersebut kemudian dimasukkan melalui algoritme
yang mencoba mencocokkan semua data tersebut dengan kueri Anda.
Bagian situs kami ini di sini
untuk membantu Anda mempelajari apa pun yang Anda inginkan tentang SEO. Jika
Anda benar-benar baru tentang topik tersebut, mulailah dari awal dan baca
Panduan Pemula untuk SEO. Jika Anda membutuhkan nasihat tentang topik tertentu,
gali di mana pun yang cocok untuk Anda. Setelah Anda siap untuk mulai
menjalankan panduan SEO tersebut, sekarang saatnya untuk menerapkan teknik SEO
tersebut ke situs, apakah itu baru atau lama yang Anda tingkatkan. Situs
bukanlah sebuah situs sampai Anda memiliki konten. Tetapi SEO untuk konten
memiliki cukup variabel spesifik yang kami berikan pada bagiannya sendiri.
Gali lebih dalam semua yang perlu
Anda ketahui tentang tautan dari teks tautan hingga pengalihan. Baca rangkaian
halaman ini untuk memahami bagaimana dan kapan menggunakan nofollow dan apakah
blog tamu benar-benar mati. Jika Anda lebih menyukai sisi membangun tautan
(bekerja untuk meningkatkan peringkat di situs Anda dengan mendapatkan tautan),
langsung ke Panduan Pemula untuk Membangun Tautan.
Fasilitas penyimpanan yang sangat
besar ini menampung ribuan mesin yang memproses informasi dalam jumlah besar
dengan sangat cepat. Ketika seseorang melakukan pencarian di salah satu mesin
utama, mereka menuntut hasil secara instan; bahkan penundaan satu atau dua
detik pun dapat menyebabkan ketidakpuasan, sehingga mesin bekerja keras untuk
memberikan jawaban secepat mungkin. Mesin pencari adalah mesin penjawab. Saat seseorang
melakukan penelusuran online, mesin telusur menjelajahi korpusnya dari miliaran
dokumen dan melakukan dua hal: pertama, hanya mengembalikan hasil yang relevan
atau berguna untuk kueri penelusur; kedua, ia memeringkat hasil tersebut
menurut popularitas situs web yang menyajikan informasi. Relevansi dan
popularitaslah yang dimaksudkan untuk dipengaruhi oleh proses SEO.
Bagaimana mesin pencari
menentukan relevansi dan popularitas?
Bagi mesin pencari, relevansi
lebih dari sekadar menemukan halaman dengan kata-kata yang tepat. Pada
masa-masa awal web, mesin telusur tidak melangkah lebih jauh dari langkah
sederhana ini, dan hasil penelusuran memiliki nilai yang terbatas. Selama
bertahun-tahun, teknisi yang cerdas telah menemukan cara yang lebih baik untuk
mencocokkan hasil dengan kueri penelusur. Saat ini, ratusan faktor memengaruhi
relevansi, dan kita akan membahas yang paling penting dari semuanya dalam
panduan ini.
Popularitas dan relevansi tidak
ditentukan secara manual. Sebaliknya, mesin menggunakan persamaan matematika
(algoritma) untuk menyortir gandum dari sekam (relevansi), dan kemudian memberi
peringkat gandum dalam urutan kualitas (popularitas). Algoritme ini sering kali
terdiri dari ratusan variabel. Di bidang pemasaran penelusuran, kami menyebutnya
sebagai "faktor peringkat". Moz membuat sumber khusus tentang subjek
ini: Faktor Peringkat Mesin Pencari.
Dalam pengujian kami, kami mulai
dengan hipotesis bahwa link sebelumnya (lebih tinggi) pada halaman memiliki
bobot lebih dari link yang lebih rendah di halaman. Kami menguji ini dengan
membuat domain yang tidak masuk akal dengan halaman beranda dengan tautan ke
tiga halaman jarak jauh yang semuanya memiliki kata tidak masuk akal yang sama
yang muncul tepat satu kali di halaman. Setelah mesin pencari meng-crawl
halaman tersebut, kami menemukan bahwa halaman dengan link paling awal di
halaman beranda berada di peringkat pertama. Mengapa Anda harus
menginvestasikan waktu, tenaga, dan sumber daya untuk SEO? Saat melihat
gambaran luas penggunaan mesin pencari, data menarik tersedia dari beberapa
penelitian.
Kata Kunci Muncul di TLD: Tidak memberikan peningkatan seperti sebelumnya, tetapi
memasukkan kata kunci Anda di domain masih berfungsi sebagai sinyal relevansi.
Toh, mereka masih menebalkan kata kunci yang muncul di nama domain.
Kata Kunci Sebagai Kata Pertama
dalam Domain: Domain yang dimulai dengan kata kunci targetnya memiliki
keunggulan di atas situs yang tidak memiliki kata kunci di domainnya atau
memiliki kata kunci di tengah atau akhir domainnya.
Ekstensi TLD Negara: Memiliki
Domain Tingkat Atas Kode Negara (.cn, .pt, .ca) membantu peringkat situs untuk
negara tertentu… tetapi membatasi kemampuan situs untuk menentukan peringkat
secara global.
Kata Kunci LSI dalam Tag Judul
dan Deskripsi: Seperti halnya konten halaman web, kata kunci LSI dalam tag meta
halaman mungkin membantu Google membedakan sinonim. Mungkin juga bertindak
sebagai sinyal relevansi.
Bagi mesin pencari, relevansi
lebih dari sekadar menemukan halaman dengan kata-kata yang tepat. Pada
masa-masa awal web, mesin telusur tidak melangkah lebih jauh dari langkah
sederhana ini, dan hasil penelusuran memiliki nilai yang terbatas. Selama
bertahun-tahun, teknisi yang cerdas telah menemukan cara yang lebih baik untuk
mencocokkan hasil dengan kueri penelusur. Saat ini, ratusan faktor memengaruhi
relevansi, dan kita akan membahas yang paling penting dari semuanya dalam
panduan ini.
Popularitas dan relevansi tidak
ditentukan secara manual. Sebaliknya, mesin menggunakan persamaan matematika
(algoritma) untuk menyortir gandum dari sekam (relevansi), dan kemudian memberi
peringkat gandum dalam urutan kualitas (popularitas).
Post a Comment
Post a Comment